fbpx

Hai, bikers!

Bagi kamu yang kesehariannya total menggunakan kendaraan bermotor baik untuk kerja, kuliah atau apapun, pasti pengeluaran biaya BBM menjadi salah satu pertimbangan.

Pastinya dengan memilih moda transportasi motor, harapannya kamu bisa jauh lebih hemat. Betul kan?

Tapi kalau dalam pemakaiannya asal-asalan, justru malah bikin boros. Gak mau kan?

Nah, kalo gitu Digimin kasih info buat kamu 9 trik menghemat BBM. Cekidot!

1. Berkendara dengan Kecepatan Stabil

Gaya kamu berkendara bisa mempengaruhi seberapa banyak konsumsi bahan bakar yang digunakan motor lho. Kalau kamu memacu motor dengan kecepatan stabil, bisa mendukung motormu untuk lebih hemat bensin. Dan hindari berkendara secara ugal-ugalan yaa, karena hal itu menyebabkan kecepatan tidak stabil. Yang pastinya bensin jauh lebih boros.

2. Jangan Terlalu Lama Memanaskan Motor

Karena motor injeksi sekarang sudah jauh lebih bagus segi teknologi alur oli, celah2 komponen motor dll , jadi cukup 2 menitan saja sudah boleh dijalankan. Dengan begitu motor tidak menghabiskan bensin untuk di kondisi netral.

3. Gunakan Pelumas yang Tepat

Menggunakan pelumas motor yang tepat bisa menghemat bensin lho ternyata. Hal ini disebabkan pelumas mampu mengurangi friksi atau gesekan dalam mesin. Jika pelumas yang kamu gunakan berkualitas jelek, maka gesekan yang terjadi di dalam mesin akan semakin besar dan bisa mengakibatkan tarikan berat. Tentunya mengakibatkan bensinmu makin boros lho.

4. Cek Kondisi Busi Motor

Disarankan cek secara berkala busi motormu ya. Karena busi yang bermasalah dapat berdampak pada borosnya penggunaan bensin motor. Selain itu, busi bermasalah bisa mengakibatkan motor menjadi rusak.

5. Cek Tekanan Angin ban

Jangan biarkan tekanan ban kempis, karena tekanan angin yang kurang dapat menyedot bahan bakar lebih banyak dari biasanya. Saat kempes tapak ban yang menempel di tanah jadi lebih banyak sehingga menyebabkan muatan lebih besar pula untuk digerakkan. Yang pastinya tenaga yang dibutuhkan jadi lebih besar.

6. Servis secara Rutin

Melakukan servis secara berkala merupakan agenda wajib yang mesti kamu jalankan. Hal ini bertujuan untuk mengecek kondisi mesin dan performa motormu. Seperti mengecek filter, sistem injeksi dan komponen lain apakah berjalan dengan baik dan maksimal sehingga tidak menimbulkan borosnya bensin

7. Ukuran Diameter Pelek

Pastikan pelek meter yang kamu gunakan sesuai dengan rekomendasi pabrik. Karena jika diameter pelek motormu lebih besar dibanding pelek bawaan sebelumnya, mengakibatkan penggunaan bensin motor jauh lebih boros.

8. Perhatikan Beban Motor

Cek bagasi motormu, apakah ada barang-barang yang tidak perlu? Jika ada, langsung saja keluarkan. Usahakan beban motormu menjadi lebih ringan. Semakin berat motor, semakin berat pula mesin bekerja. Dan berdampak penggunaan bensin jauh lebih banyak.

9. Perhatikan Kondisi Jalanan

Kalau tidak terpaksa, carilah jalan lalu lintas yang mulus. Karena melewati jalanan rusak membutuhkan bahan bakar lebih banyak dari seharusnya.

Bagaimana? Jika kamu mengimplementasikan 9 trik diatas pastinya kamu akan jauh lebih hemat kan?

Login

Lost your password?
×