fbpx

Hal pertama yang harus kamu ketahui bahwasanya kondisi stang motor mampu mempengaruhi kenyamanan dalam berkendaramu. Pastikan stang motor mesti stabil dan seimbang, terlebih jika harus melewati jalanan yang rusak.

Kondisi dari stang dipengaruhi oleh banyak bagian lho ternyata! Dan jika ada salah satu bagiannya yang rusak maka stang motor bisa goyang. Kebayang kan?

Nih, DIGIOTO kasih tahu factor-faktor apa aja sih yang biss menyebabkan stang motormu goyang?

Karena dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa langsung eksekusi bagaimana cara memperbaikinya.

Cekidot!

  1. Kondisi ban yang buruk

Kamu tahu gak? Ban termasuk bagian dari motor yang sangat penting lho. Ketika ban kempes atau bocor dan terus digunakan untuk berkendara, hal itu bisa merusak kondisi velg termasuk stang motor. Kondisi ban yang sudah tidak layak digunakan ada beberapa jenis:

  • Terdapat beberapa benjolan yang diakibatkan karena terlalu sering berbenturan dengan jalan rusak dan ban sudah tipis
  • Kondisi ban kempes, baik itu karena bocor atau kurangnya tekanan angin. Hal ini bisa menimbulkan ketidakstabilan pada stang motor.
  • Ukuran ban yang tidak tepat dengan velg motor. Ketika ukurannya lebih kecil, maka kestabilan stang saat melewati jalan rusak akan berkurang.

Cara memperbaiki stang motor goyang yang diakibatkan oleh ban adalah menggantinya dengan yang baru. Pastikan ukuran ban dengan velg sesuai standar pabrikan dan jangan beli ban bekas ya! Beli ban baru yang kondisinya masih bagus, tidak terlalu tipis sehingga kuat.

Jangan lupa juga untuk memastikan angin pada kendaraan memiliki tekanan yang pas. Ban kempes atau juga terlalu keras membuat stang tidak stabil. Sehingga mengganggu kenyamanan saat berkendara.

  1. Kondisi velg yang rusak

Berikut beberapa kondisi velg yang membuat stang motor jadi goyang:

  • Velg bengkok karena sebelumnya motor pernah terjatuh atau mengendarai dalam kondisi ban kempes.
  • Velg retak yang membuat kondisinya tidak stabil ketika berjalan Nah, untuk mengetahui kondisi velg: standarkan motor dengan standar dua, kemudian putar roda dan lihat dari arah depan atau belakang. Jika velg yang berputar terlihat bergoyang artinya ada masalah pada velg, entah itu karena retak atau bengkok. Solusi untuk mengatasi masalah velg adalah dengan menggantinya yang baru.

Inget, tidak bisa mempertahankan dan menggunakan velg bengkok atau hanya dengan menambal bagian retakan. Dan hal penting adalah gunakan velg dengan ukuran yang tepat.

  1. Komstir yang mulai longgar

Tahu gak? Komstir merupakan bagian kendaraan yang sangat penting dalam pengendalian laju motor lho. Posisinya terdapat pada rangka motor bagian depan, yakni di antara segitiga garpu.

Komstir ternyata bisa rusak tergantung pada lama pemakaian kendaraan.

Kerusakan yang biasanya terjadi nih adalah komstir jadi longgar dan bikin stang sulit untuk digerakkan. Tanda-tanda yang terasa adalah stang jadi goyang dan sulit untuk dibelokkan. Ketika kamu ingin belok, stang terasa akan berjalan lurus.

Tapi tahu gak bentuk dari komstir sendiri itu gimana? Bulat seperti donat dengan bola-bola kecil ada di dalamnya. Kerusakannya adalah ketika bola-bola di dalamnya mulai aus. Efek yang didapatkan adalah saat setting stang akan sulit dilakukan. Nah lho.

Maka dari itu, ada solusinya nih memperbaiki stang motor goyang karena masalah komstir.

Yaitu mengganti dengan yang baru. Tidak ada cara lain untuk memperbaiki komstir yang sudah longgar. Bahkan dengan memberikan pelumas pun tidak akan berpengaruh.

Cuma 3 aja nih, Bro?

Eits, masih ada 3 lagi yang bakal di bahas. Ditunggu ya!

 

Login

Lost your password?
×