fbpx

Buat kamu pecinta kendaraan roda dua, Digimin bisa jamin pasti kamu familiar banget dengan istilah shockbreaker. Bahkan bisa jadi kamu sudah berada di fase menggunakan shockbreaker after market favorit untuk motor kesayanganmu.

Nah, mungkin buat kamu yang masih pemula, belum paham esensi fungsi shockbreaker dan sekedar “tahu istilah, tahu wujud”, yuk kita kupas tuntas ^^

Jadi, shockbreaker adalah salah satu komponen penting pada motor yang berfungsi untuk meredam getaran atau goncangan pada motor ketika melaju di tengah jalan. Jika kamu sering melewati jalanan yang halus, bagus dan rata, fungsi shockbreaker ini tak terlalu terasa.

Beda cerita nih kalau kamu sudah melewati jalanan yang tidak rata bahkan rusak. Keberadaan shockbreaker ini terasa banget manfaatnya karena daya pegasnya mampu membuat kita alias pengendara tetap merasa nyaman.

Nah, namun ketika shockbreaker dalam kondisi tidak baik, otomatis kenyamanan berkendara pun berkurang. Terlebih jika melalui jalanan tidak rata, sudah pasti badanmu akan pegal-pegal.

Jika tidak segera diperbaiki, otomatis kenyamanan pun makin lama makin terganggu. Bahkan berpotensi ada komponen-komponen yang bisa jadi berubah posisi atau setelannya. Kalau hal itu sampai terjadi, bisa membahayakan keselamatanmu. Maka dari itu, kamu harus jeli nih dalam merawat shockbreaker.

Yuk, kita bahas 7 cara merawat shockbreaker motor dengan tepat. Cekidot!

1. Hindari melewati jalanan rusak

Melewati jalanan rusak bisa jadi adalah sebuah pilihan atau memang tidak ada pilihan lain. Namun ketika kamu berada di posisi yang memiliki pilihan melewati kualitas jalanan yang lebih baik, pilih yang lebih baik yaa. Karena saat motor berjalan di permukaan jalan yang halus, otomatis shockbreaker menjadi lebih awet.

2. Hindari melaju kencang di jalanan rusak

Yang perlu kamu ketahui, semakin sering kamu melaju kencang di jalanan yang tidak rata, berlubang bahkan rusak justru dapat memperpendek  usia shockbreaker. Kenapa? karena dengan melaju kencang di jalanan yang rusak akan membuat shockbreaker motormu bekerja lebih keras. Lalu bagaimana tipsnya jika berada dalam kondisi jalanan seperti itu? Sederhana. Kamu cukup memperlambat laju kecepatan motormu ya agar kinerja shockbreaker lebih stabil.

3. Pastikan As Shock Aman

Kamu harus memastikan tas shock selalu dalam kondisi bersih ya. Sebagai contoh, jika terkena cipratan air hujan segera dibersihkan. Untuk membersihkannnya simpel: kamu cukup cuci dengan air biasa dan lap hingga kering ya!

4. Jaga kapasitas beban ideal

Pada dasarnya tiap motor memiliki kapasitas maksimal beban masing-masing. Jadi perhatikan beban dari segi penumpang juga bawaan barang. Jangan sampai ketika motor membawa beban melebihi kapasitas, justru memberatkan beban kerja shockbreaker.

5. Ganti oli shockbreaker

Nah, wajib tahu nih. Oli pada shockbreaker idealnya diganti setiap 2-3 tahun sekali. Dan ingat, ritme seperti ini dalam kondisi ideal ya. Namun jika kamu memang sudah merasa tidak nyaman, segera ganti oli shockbreakernya. Jangan ditunda-tunda ya karna hal ini berpengaruh pada kualitas suspensi motormu.

6. Hindari pasang anting di shockbreaker belakang

Tidak sedikit nih pecinta motor yang pasang anting di shockbreaker belakang. Selain bertujuan agar buritan menjadi lebih tinggi, juga supaya tampilan terlihat lebih “oke”. Tapi sayangnya, pemasangan anting pada shockbreaker belakang tidak disarankan. Anting-anting memiliki sifat kdang kurang presisi. Jadi menyebabkan posisi shock yang mestinya lurus malah menjadi miring. Dan hal itu bisa mengakibatkan shockbreaker cepat bocor.

7. Pastikan shockbreaker bersih

Nah, kalau kamu rutin mencuci/membersihkan motor, otomatis kebersihan shockbreaker kamu perhatikan. Ketika kamu melihat shockbreakermu penuh kotoran, segera bersihkan ya. Jangan biarkan kotoran tersebut menempel berlama-lama. Karena kotoran yang menempel dapat menyebabkan seal dari shockbreaker menjadi lecet.

Apa yang terjadi jika lecet? otomatis oli dari shockbreaker bisa menjadi bocor dan membuat kualitas pegas dari shockbreakermu menurun.

Nah, jadi kamu sudah tahu kan langkah praktis dalam merawat shockbreaker? Terapkan ya supaya shockbreakermu selalu awet dan kamu tetap nyaman berkendara ^^

 

Login

Lost your password?
×