fbpx

Rantai motor merupakan bagian yang mempengaruhi kualitas dan kenyamanan berkendara karena rantai merupakan perangkat yang mentransferkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Oleh karena itu, wajib banget diperhatikan. Bayangin aja, kalau engga ada rantai, bagaimana bisa motormu jalan?

Terlebih jika rantai motormu putus tengah jalan. Wah, ini bahaya!

Maka dari itu, rantai perlu perawatan rutin dan maksimal agar selalu awet.

Digimin bisikin ke kamu 7 cara praktis merawat rantai motor agar selalu awet menyeluruh. Cekidot!

1. Memberi pelumas khusus pada rantai motor

Mengoleskan pelumas pada rantai merupakan cara praktis dalam merawat rantai dan pastinya hemat waktu. Kamu cukup menyemprotkan pelumas ke permukaan rantai. Menggunakan pelumas berfungsi agar rantai motor selalu dalam kondisi basah. Karena jika rantai motormu kering, otomatis akan menimbulkan suara berisik saat berkendara. Yang pastinya, rantai yang kering juga akan membuat perputaran rantai jadi seret dan tidak lancar. Dan tentunya secara bertahap akan merusak kualitas rantai motor.

2. Pastikan rantai selalu dalam kondisi bersih

Seiring kamu melajukan motor tengah jalan tiap harinya, pastinya selalu ada debu/kotoran yang menempel pada rantai. Karena rantai termasuk bagian yang paling cepat kotor. Oleh karena itu kamu wajib membersihkannya minimal sebulan sekali dengan air dan sabun yang berguna untuk merontokkan segala debu atau kotoran yang menempel pada rantai.

3. Perhatikan posisi rantai sudah benar dan pas

Yang mesti kamu perhatikan faktor lainnya adalah posisi rantai. Jika rantai motor sudah lama digunakan, biasanya sudah mulai kendor. Jadi tugasmu adalah menyetel kembali ke posisi yang tepat sesuai standar pabrikan motor. Kamu bisa menyetel rantai motor baik sendiri atau pun ke bengkel. Namun, bukan berarti asal-asalan ya. jangan berpatokan “yang penting rantai enggak kendor”. Hal itu kurang tepat. Jadi pastikan ketegangan rantai yang pas buat motormu. Tingkat ketegangan rantai ada di tulis di bagian swing arm setiap motornya jadi ikutin anjuran spesifikasi sesuai motor masing-masing yah ^^

4. Mencuci rantai saat kehujanan

Jika motormu kehujanan bahkan kebanjiran, segera bersihkan ya! Kamu bisa menggunakan air dan sabun. Kenapa kok mesti dibersihkan ketika kehujanan? alasannya sederhana. Supaya rantai motormu tidak berkarat karena air hujan atau pun banjir.

5. Jangan memoles rantai motor dengan oli bekas

Hal yang sering banget orang-orang lakukan padahal keliru: menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Hellaaw! rantai motor punya pelumas khusus lhoo. Jadi untuk apa kamu masih pakai oli bekas? Justru menggunakan oli bekas untuk rantai bisa membuat rantai motormu gampang rusak dan tentunya tidak awet. Kenapa? karena oli bekas pun pasti material didalamnya sudah tercampur dengan berbagai kotoran. Kamu gak perlu khawatir. Saat ini banyak kok pelumas khusus untuk merawat rantai dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Mengganti rantai secara berkala

Salah satu indikator kapan kamu harus mengganti rantai adalah ketika rantai motormu mudah lepas. Sebenarnya bisa saja kamu pasang kembali. Tapi pastinya tidak perlu menunggu waktu yang lama, rantai motormu akan lepas kembali. Selain itu kamu juga mengecek apakah rantaimu dalam kondisi aus atau tidak. Caranya mudah, cukup memperhatikan dari segi suaranya. Biasanya ketika rantai mulai aus, suaranya cenderung terdengar lebih kasar. Selain dari segi suara, kamu pun bisa cek rantai mulai kendor atau tidak. Jika terjadi hal-hal yang sudah disampaikan diatas, itulah saatnya kamu mesti mengganti rantai baru.

7. Gunakan rantai yang berkualitas dan original

Sekarang tidak sedikit sparepart motor dengan kualitas KW. Termasuk rantai. Memang kelihatannya lebih ekonomis, namun dari segi kualitas kalah jauh dan hal itu bisa membahayakan keselamatanmu. Sangat jauh lebih baik jika kamu berinvestasi dengan menggunakan rantai motor berkualitas original. Dari segi harga mungkin diatas rantai KW. Tapi kembali lagi, kamu peduli dengan keselamatanmu, kan? Ciri-ciri rantai yang berkualitas rendah itu ialah rantai cepat kendor dan gampang putus tapi itu semoga tidak terjadi pada kamu.

Nah, jadi bagaimana? Kamu sudah tahu kan cara merawat motormu dengan benar?

7 tips diatas bisa kamu lakukan supaya rantai motormu awet ya!

Login

Lost your password?
×