fbpx

Kamu pasti paham rem merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam hal keamanan juga kenyamanan berkendara. Maka dari itu, kamu sebagai pemilik motor jangan sampai lalai mengabaikan rem sampai komponen tersebut kehilangan fungsinya ya. Bisa berabe. Terlebih jika motormu matic. Karena motor matic tidak bisa memaksimalkan engine brake seperti motor manual.

Banyak faktor yang menyebabkan rem motor blong. Jika kamu membiarkan hal ini terjadi terus menerus, otomatis bisa membahayakan keselamatanmu.

Jadi, kita bahas yuk faktor-faktor yang menyebabkan rem motor blong. Cekidot!

1. Minyak Rem Kurang

Minyak rem merupakan komponen penting dalam sistem pengereman. Jadi, kamu harus benar-benar memperhatikannya. Rata-rata nih, pengguna motor mengabaikan kehadiran minyak rem. Banyak yang belum paham kapan waktu yang tepat kita harus mengganti minyak rem.

Pada umumnya, penggantian minyak rem dilakukan setidaknya setahun sekali. Namun disarankan banget kamu mengecek kondisi minyak rem secara berkala ya. Baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Jika kotor segera diganti, jika kurang segera diisi. Karena jika volume minyak rem sedikit dan kualitas minyak sudah tidak bagus digunakan, dapat mengakibatkan handle rem menjadi blong.

2. Aliran Minyak Rem Tersumbat

Dalam sistem pengereman, terdapat proses tekanan hidrolis minyak rem ke bagian sistem pengereman. Nah, jika saluran minyak rem tersumbat, pastinya hal itu tidak bisa terjadi. Jadi sedalam apapun kamu menekan tuas rem, pastinya motor tidak bisa dihentikan. Aliran minyak tersumbat biasanya dikarenakan terdapat kotoran. Karena ukuran lubang suplai hanya 1-2mm saja, jika ada kotoran sedikit otomatis langsung tersumbat.

3. Kebocoran Pada Master Rem

Master rem berfungsi untuk memompa minyak rem ke sistem pengereman. Seiring pemakaian juga usia motor, sangat mungkin terjadi aus pada karet seal yang terdapat pada piston.

Nah, jika master rem sudah mulai mengalami kebocoran nih. Sudah pasti angin tidak bisa ditekan dan berdampak kecepatan motor pun tidak akan turun alias tidak akan berhenti.

Dalam kondisi seperti ini, bisa terjadi dua hal: jika rem ditekan terasa blong atau terasa sangat keras bahkan tidak bisa ditekan sama sekali pada bagian remnya.

4. Kampas Rem Aus

Wajib banget tahu nih! Bahwasanya kampas rem merupakan komponen sangat penting dan membutuhkan perawatan secara berkala bahkan mesti diganti. Hal ini dikarenakan kampas rem bisa menipis dan otomatis mengurangi tenaga pengereman. Salah satu ciri kampas rem sudah mulai aus atau menipis adalah minyak rem yang cepat habis. Jika kampas rem sudah menipis dan minyak rem habis, pastinya dapat menyebabkan rem dalam jangka pendek atau pun panjang bisa rusak.

Buat kamu yang suka berkendara motor, pastinya hal tersebut sangat beresiko. Apalagi jika di jalanan menurun. Wah, mesti antisipasi pokoknya!

5. Suhu Komponen Pengereman Terlalu Panas

Salah satu penyebab rem blong adalah jika komponen pengereman memiliki suhu yang terlalu panas. Nah, komponen apa aja yang dimaksud?  Yakni kaliper rem yang panas akibat pengereman yang berat melebihi kemampuan kaliper tersebut.

Jika komponen-komponen pengereman terlalu panas, otomatis kualitas pengereman semakin berkurang.

Selain itu, selang rem dan karet seal pastinya akan mengalami aus. Dan hal itu menyebabkan rem terasa blong.

Jadi bagaimana? Disini kita bisa bareng-bareng memahami betapa pentingnya sistem pengereman. Dan komponen-komponen yang terdapat dalam sistem pengereman itulah yang mesti kita jaga kualitasnya.

Yuk, tetap jaga keselamatan ^^

Sampai ketemu di postingan selanjutnya!

 

Login

Lost your password?
×