fbpx

Salah satu cara termudah untuk membedakan knalpot racing dan knalpot standar adalah dari segi suaranya. Knalpot racing memiliki suara yang cukup khas dibanding suara knalpot standar. Namun perbedaannya tidak hanya sampai disitu saja. Selain itu apalagi? Yuk kita bahas perbedaan knalpot racing vs knalpot standar. Cekidot!

4. Resiko Pencemaran Udara

Digimin pun mengakui “knalpot racing yang standar” memiliki resiko pencemaran udara lebih banyak dibandingkan knalpot standar. Kenapa? Eits, jangan buru-buru dulu.

Pertama, yuk kita bahas kenapa knalpot standar minim resiko pencemaran udara. Begini, pada knalpot standar di motor keluaran terbaru memiliki penetralisir gas buang mesin atau familiar kita sebut dengan istilah katalitik konverter. Katalik konverter ini menjadikan knalpot standar tidak menimbukan banyak polusi udara dan tentunya lebih ramah lingkungan.

Berbeda dengan knalpot racing. Dimana mayoritas tidak memiliki komponen katalitik konverter. Yang pastinya menyebabkan gas buang yang mengandung racun tentunya tidak tersaring dan ternetralisir. Akibatnya? beresiko pencemaran udara dan pastinya kurang ramah lingkungan.

5. Performa Motor

Mungkin sebagian besar orang berpikir deru suara knalpot racing yang bising, terlihat seperti kurang nyaman untuk dikendarai. Tapi, eits! Hal itu belum tentu benar lho. Nih, ketika knalpot racing terpasang dengan tepat, apalagi kompatibel dengan motornya, hal itu justru menjadikan motor semakin nyaman dikendarai.

That’s why kita harus paham dalam memilih knalpot racing yang tepat. Karena knalpot yang pas sangat mempengaruhi performa motor. Bahkan knalpot racing bisa jauh lebih baik dibanding masih menggunakan knalpot standar. Hal paling mendasar yang bisa kamu rasakan ketika memiliki knalpot racing yang tepat, tenaga motor otomatis meningkat.

Nah, kamu pasti penasaran nih. Kalau begitu, apakah knalpot standar bisa menghasilkan performa yang serupa? Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, motor dengan knalpot standar memiliki cara kerja menyaring sisa gas buang pada pembakaran. Nah, dengan sistem ini menimbulkan tekanan balik pada mesin dari dalam knalpot. Tekanan balik tentunya berpengaruh pada performa mesin motor menjadi kurang maksimal.

6. Harga

Ini nih perbedaan paling mencolok. Knalpot standar dan knalpot racing memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Berbicara knalpot standar, dengan kualitas kelas yang sama, tentunya harganya tidak jauh berbeda bahkan persis sama.

Berbeda dengan knalpot racing. Semakin bagus kualitasnya, semakin jitu performanya, semakin mahal pula harganya.

Memang knalpot racing yang harganya murah banyak. Tapi kamu tahu gak bahwasanya knalpot racing dengan kualitas rendah justru beresiko merusak performa mesin motormu.

Jadi bagaimana? dari artikel ini sudah dapat gambaran perbedaan knalpot racing dan knalpot standar ya. Kembali lagi, kira-kira kamu masih nyaman menggunakan knalpot standar atau ingin mencoba experience dengan knalpot racing?

Apapun pilihanmu, baik knalpot standar dan knalpot racing pastinya memiliki keunggulan tersendiri. Yang penting gunakan secara bijak dan optimal. Dan jangan lupa, selalu patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku ya ^^

Login

Lost your password?
×