fbpx

Ramadhan kali ini merupakan tahun ke-2 Ramadhan dalam situasi COVID-19. Yang perlu kamu ketahui, grafik penderita positif masih kerapkali naik, menyebabkan pemerintah mengambil keputusan untuk membuat aturan pelarangan mudik. Tujuannya adalah untuk menekan angka COVID-19 agar tidak semakin tinggi dan menyebar.

Namun Digimin paham, sebagian diantara kamu pasti bersikukuh untuk mudik dengan alasan tertentu. Yang penting pastikan selalu aman dan taati protokol kesehatan yaa.

Nah, buat kamu yang mudik dengan transportasi publik atau mobil, Digimin mau sharing nih 7 tips menyimpan motor di rumah selama mudik. Jangan sampai ketika pulang balik dari mudik, kamu menemukan masalah pada motormu. So, Cekidot!

1. Isi penuh bahan bakar

Cek tangki motor dan segera isi sampai penuh. Karena jika tangki dalam kondisi kosong, sangat mudah terjadi kondensasi. Jika bahan bakar terisi tidak penuh atau tidak kosong sama sekali, yang ada malah terjadi penguapan. Dan berakibat dinding tangki bisa berkarat.

2. Cuci motor terlebih dahulu

Sebelum mudik, kamu wajib cuci motormu terlebih dahulu. Pastikan motor dalam kondisi bersih. Hal ini bertujuan untuk mencegah motor tidak korosi akibat kotoran yang menempel pada bodi atau rangka motor.

3. Simpan motor dalam rumah

Tempat terbaik untuk menyimpan motor dalam waktu lama adalah menyimpannya dalam rumah. Di dalam rumah motormu jauh lebih aman dibanding diletakkan di halaman atau teras terbuka. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kehilangan motor.

4. Parkirkan motor dengan standar tengah

Ketika ditinggal mudik, display motormu dengan standar tengah. Lalu beri alas pada ban depan dengan tujuan menghindari ban kempes karena terlalu lama menempel pada lantai. Selain itu jika ban motor menggunakan cairan anti bocor, sebaiknya posisikan pentil ban dibagian atas supaya cairan anti bocor tidak menggumpal di pentil ban.

5. Cabut aki motor

Mencabut aki merupakan “to do list” yang mesti kamu perhatikan. Hal ini bertujuan agar aki tidak soak ketika ditinggal dalam waktu yang cukup lama. Bagaimana jika aki tidak dicabut? Jika tidak dicabut dan telebih berlangsung lama bisa menyebabkan soak karena terus mengalirkan komponen listrik ke motor. Karena jika motor dalam kondisi mati, otomatis tidak ada pengisian tapi listrik dari aki tetap tersedot oleh beberapa komponen dan menyebabkan aki tekor.

6. Pasang kunci stang dan kunci tambahan

Kunci rumah udah aman tapi masih khawatir juga? Tenang, kamu bisa memasang kunci stang dan kunci tambahan (kunci pengaman ganda) agar motormu makin aman supaya tidak dicuri orang. Nah, selain itu pastikan kunci stang mengarah ke kanan ya karena pada dasarnya cenderung dipercaya jauh lebih aman karena posisi tersebut mampu mempersulit motor untuk membobol motormu.

Jadi, itulah kurang lebih tips dari Digimin.

Semoga ramadhan tahun ini kamu dan sekeluarga tetap merasakan keberkahan yaa baik yang bisa berkumpul atau pun yang tidak ^^

Login

Lost your password?
×