fbpx

 

Digimin paham banget semua orang punya aktivitas bahkan kesibukan. Tapi kadang nih suka heran ketika salah satu dari kita “males” buat merawat motor. Padahal merawat motor terlebih dengan teknologi saat ini cukup mudah lho. Karna bagaimana pun kamu harus memastikan motormu terawat dengan baik sehingga performanya tetap prima dan maksimal.

Jaman sekarang teknologi motor kian maju. Saat ini mayoritas pabrikan motor memproduksi sepeda motor dengan sistem injeksi. Yang biasa kita sebut motor injeksi.

Namun yang perlu kita ketahui, merawat motor injeksi ada triknya tersendiri. Kalau salah sedikit aja, bisa bisa motormu mogok bahkan rusak.

Digimin kebanyakan intro nih kayaknya. Ya udah yuk kita langsung bahas cara merawat motor injeksi yang benar. Cekidot!

1. Periksa Kondisi Aki

Yang perlu kita ketahui, kondisi aki sangat mempengaruhi performa motor injeksi lho. Karena fungsi aki disini adalah untuk menghidupkan mesin pada sistem pembakaran. Jadi, kamu wajib periksa secara berkala aki motormu ya. Ketika air aki kurang, segera isi dengan air aki yang beredar di pasaran. Namun beda cerita ketika aki sudah tidak mampu menghasilkan arus listrik secara maksimal. Ketika dalam kondisi tersebut, disarankan kamu segera ganti dengan aki yang baru sebelum aki sebelumnya benar-benar soak.

2. Mengecek Bahan Bakar Motor

By the way, kamu udah tahu belum bahwasanya motor injeksi jauh lebih irit bahan bakar dibanding motor bersistem karburator? Maka dari itu, tugas kita adalah rutin mengecek tangki bensin apakah bahan bakar cukup digunakan atau kosong. Kalau hampir kosong segera diiisi ya. Hindari tangki bensin dalam kondisi bahan bakar kosong banget. Karena ketika kamu menggunakannya dan mogok tengah jalan, yang ada malah merusak motormu. Sayang banget kan?

3. Ganti Oli Secara Rutin

Selain pengisian bahan bakar yang sesuai, rutinitas ganti oli merupakan sesuatu yang penting lho. Jika kilometer motormu sudah mencapai di angka 2000km, segera ke bengkel resmi atau bengkel motor terpercaya terdekat ya. Atau bahkan ketika kamu merasa motormu “sedikit lebih kasar” segera ganti oli tanpa harus menunggu standar kilometer yang dianjurkan.

Mengganti oli secara teratur dan berkala bertujuan agar performa motor tetap terjaga dengan baik dan maksimal.

4. Rutin Service Motor

Dengan membawa motormu untuk service ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya terdekat, artinya kamu benar-benar peduli dengan kendaraan yang kamu miliki. Tidak perlu sering-sering. Minimal 3 bulan sekali, enggak berat kan? Secara berkala aja dan kamu bisa menggunakan waktu luangmu untuk ke bengkel. Karena saat motor diservice, tim mekanik selalu memberi tahu komponen-komponen apa saja yang mesti diperbaiki bahkan diganti. Kebayang gak kalau kamu terus menggunakan motor tanpa menyadari bahwasanya ada komponen motormu yang rusak? Bisa berbahaya.

5. Mengendarai Motor Sewajarnya 

Kadang nih ya Digimin perhatikan banyak banget pengguna lalu lintas mengendarai motor seenaknya. Dengan “kurang wajar”. Seolah oleh mau ditreatment seperti apapun, motornya bakal baik-baik aja. Padahal enggak seperti itu, Bro! Alangkah lebih ketika kita mengendarai motor, sewajarnya aja. Hindari meng-gas motor diatas kecepatan rata-rata. Bahkan kita mesti hindari rem mendadak secara sering.

Jadi, bagaimana? Setidaknya kamu sudah dapat gambaran untuk merawat motor injeksi kesayangan dengan benar. Karena bagaimana pun motor adalah sesuatu yang menunjang produktivitas, jadi mesti kita jaga banget.

Tapi tunggu, masih ada lagi tips lainnya di artikel bagian kedua. Nantikan ya!

Login

Lost your password?
×