fbpx

Bagi kamu yang sering berkendara motor dari jelang sore sampai malam hari, pastinya kehadiran lampu motor sangat dibutuhkan. Apalagi kalau kamu berada di jalanan yang gelap atau minim penerangan. Berguna banget untuk membantu penglihatanmu fokus ke jalanan.

Tapi pernah gak sih tiba-tiba lampu motormu “Kok kurang terang ya? kok redup ya?”

Terkadang dalam kondisi yang enggak bisa dipastikan, lampu motor bisa redup kapan saja. Bahkan ditengah perjalanan.

Nah, penyebab lampu motor bisa redup bermacam-macam nih.

Yuk kita bahas bareng-bareng 10 penyebab lampu motormu redup!

1. Baterei Lemah

Jika jenis motormu menggunakan sistem penerangan DC, kondisi baterai atau aki wajib diperhatikan. Aki sebagai pusat penyimpanan arus listrik pada kendaraan, yang berfungsi untuk menyediakan sumber listrik, sehingga mesin motormu bisa dihidupkan.

Apabila aki lemah, maka seluruh sistem kelistrikan pada kendaraan pun ikut melemah. Sumber listrik yang bermasalah bakal berakibat sistem kelistrikan tidak berfungsi sempurna.

Dan jangan lupa, lampu motor bisa menyala karena adanya aliran listrik. Jika terjadi gangguan pada sumber aliran listrik, maka lampu akan bersinar redup.

Namun beda cerita jika jenis motormu menggunakan sistem penerangan AC. Disini, sumber arus penerangan yang digunakan berasal dari spull penerangan, jadi aki tidak begitu berpengaruh.

2. Saklar Lampu Kotor

Komponen yang enggak kalah penting tapiiii sering dilupakan apa hayo? saklar lampu!

Jika terjadi masalah dengan saklar lampu motor, hal ini menjadi salah satu penyebab redupnya sinar lampu motormu.

Ada beberapa faktor, seperti masa pakai yang sudah lama dan kurang perawatan. Lamanya masa pemakaian bisa mengakibatkan saklar kendor, sehingga sinar lampu tidak stabil dan menjadi terang-redup.

Selain itu, debu dan karat pada saklar lampu juga bisa memicu redupnya sinar lampu karena arus listrik yang terhambat. Namun jika motormu kategori keluaran terbaru, masalah saklar lampu ini tidak terlalu berpengaruh.

Karena motor keluaran masa modern ini menerapkan teknologi Automatic Headlight On (AHO). Teknologi ini membuat lampu motor bisa menyala sepanjang waktu tanpa saklar untuk switch on/off.

3. Mika Lampu Buram

Nah, hal ini kelihatan sepele tapi penting. Mika lampu atau reflektor juga memiliki masa pakai lho. Jika masa pakai reflektormu dirasa sudah lama pakai, maka sinar lampu motor akan terlihat redup.

Masa pakai ini bisa kamu cek lihat dari umur motor. Makin tua, mika lampu motor akan berubah menjadi semakin buram

Jadi harus bagaimana? kamu harus mengganti reflektor tersebut.

Jangan lupa, sparepart yang kamu pasang harus original ya demi menjaga kualitas.

4. Kabel Lampu Meleleh

Memang kabel lampu bisa meleleh? Tentu bisa dong. Dan ini menjadi salah satu penyebab lampu motor redup. Jadi, fungsi kabel disini sebagai penghantar aliran listrik sampai pada bola lampu sehingga dapat nyala bersinar.

Jika kabel lampu meleleh, maka arus listrik yang dikirim menjadi terhalang. Dan tentunya berpengaruh pada sinar lampu motor. Soket merupakan bagian kabel lampu yang dapat meleleh. Dan ini bisa terjadi jika soket terlalu panas.

Loncatan elektron yang terjadi pada soket ketika sedang bekerja pun akan menimbulkan peningkatan suhu. Suhu yang meningkat terlalu panas inilah yang bisa membuat kabel meleleh. Akibatnya, lampu menjadi redup.

5. Kualitas Bohlam Lampu

Sstt, terang atau redupnya sinar lampu motormu dipengaruhi juga oleh kualitas bohlam lampu pada motor. Pastikan bohlam pada motormu sudah sesuai dengan standar pabrik ya. Tentunya bohlam lampu motor wajib produk original agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Standar pabrikan lampu pada motor biasanya mulai dari 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt, maupun 55 watt 12 volt.

Nah, bagaimana jika lampu motormumu LED tapi kok masih redup? Untuk hal ini, tentunya faktor bukan karena kualitas lampu.

Login

Lost your password?
×