fbpx

Kamu pernah kepikiran gak material helm itu terbuat dari apa? Memang kebanyakan masyarakat kita gak terlalu peduli dengan komponen bahan apa aja yang membentuk helm, karena cenderung mengutamakan model/desain. Singkatnya “yang penting lokknya oke bagus, beli aja” gitu kan?

Padahal bahan material menentukan kualitas sebuah helm lho. Tergantung kebutuhan juga. Contoh sederhana, pastinya kebutuhan hel  seorang pembalap dengan pengguna harian. Seorang pembalap pastinya membutuhkan helm khusus. Dengan kegiatan mereka yang sering memacu kecepatan motor sampai dengan 300KM/jam, pastinya membutuhkan proteksi yang mumpuni super duper aman.

Jadi, apa perbedaan antara helm pembalap dengan helm harian?

  1. Tipikal helm balap cenderung lebih ketat karena dibutuhkan fitting yang benar-benar press ke kepala rider, karena motor yang dipacu di dalam kecepatan tinggi bisa merubah posisi helm pada rider jika helm tersebut tidak ketat fittingnya. Berbeda dengan helm yang digolongkan untuk harian, cenderung lebih lega dan nyaman karena kecepatannya tidak secepat dibalapan.
  2.  Material helm balap terbuat dari bahan multi composite cangkang atau shell terluar bahan berbasis composite berlapis-lapis. Sedangkan helm harian rata-rata terbuat dari thermoplastic resin seperti ABS atau Polycarbonate. Dan bahan luar rata-rata terbuat dari single material (satu macam bahan resin). Dan lapisan kedua cenderung terbuat dari single density.
  3. Desain helm balap semuanya sudah diperhitungkan. Mulai dari bagian batok helm sampai ventilasi untuk mulut sangat diperhatikan baik dari segi desain, fungsi dan tingkat kenyamannya
  4.  Busa bagian dalam helm balap didesain senyaman mungkin agar ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, helm tidak goyang-goyang
  5. Bagian ventilasi mulut pada helm balap didesain seedtail mungkin supaya saat pembalap memacu motor dalam kecepatan tinggi, angin tidak masuk secara signifikan
  6. Ketebalan kaca dan kualitas visor helmbalap cenderung didesain khusus agar pembalap mampu betrkonsentrasi ketika memeacu motor dalam kecepatan setinggi apapun.

Nah, sudah tahu kan garis besar perbedaan helm balap vs helm biasa?

Login

Lost your password?
×